Kegiatan Kampus

UDA Kuatkan Peran dalam Pengembangan Kelurahan

Admin UDA | Rabu, 23 Februari 2022 - 15:15:58 WIB | dibaca: 222 pembaca

Universitas Darma Agung (UDA) melalui Fakultas Ekonomi menguatkan peran perguruan tinggi dalam pengembangan kelurahan dan desa. Hal itu terealisasi dalam perjanjian kerja sama antara FE UDA dengan Kelurahan Gung Leto, Kabupaten Karo, belum lama ini.

Dekan FE UDA Hormaingat Damanik, SE, MM, mengatakan, kerja sama dengan Kelurahan Gung Leto dilakukan sebagai bentuk pengabdian dan komitmen UDA dalam memajukan daerah. Perjanjian itu sendiri berkaitan dengan bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Kerja sama ini untuk menyinergikan potensi kedua belah pihak untuk memperolah hasil yang maksimal dalam pengembangan desa atau kelurahan binaan. Fokusnya adalah di peningkatan sumber daya manusia. Bila sumber daya manusianya meningkat maka daerah akan maju, tugas dari perguruan tinggi adalah menciptakan SDM yang andal dan mampu menjawab tantangan yang ada," ujarnya.

Hormaingat menjelaskan, Fakultas Ekonomi UDA akan menjadi laboratorium pengembangan SDM yang ada di Kelurahan Gung Leto, Kabupaten Karo. Melalui kerja sama ini, terjadi pendampingan program yang akan signifikan mendongkrak potensi desa atau kelurahan.

"Kami berharap kerja sama ini dapat berkesinambungan dan berjalan dengan maksimal. Kegiatan ini juga merupakan bentuk dari sivitas akademik dalam hal pengabdian kepada masyarakat (PKM) sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi," tegasnya.

Ia menegaskan, fokus dari pengabdian masyarakat yang dilakukan Fakultas Ekonomi UDA ini adalah peningkatan pemahamanan pelaku ekonomi khususnya usaha kecil menengah (UKM) dan juga masalah pengelolaannya.

Lurah Gung Leto, Kabupaten Karo Alexander Ginting, SM menyambut baik kedatangan dosen dan mahasiswa Universitas Darma Agung dan berharap MoU yang terjalin dapat memaksimalkan potensi kelurahan yang dipimpinnya.

"Terima kasih kepada para dosen dan mahasiswa UDA, ini merupakan sebuah kehormatan dan kami berharap kita bisa saling bersinergi agar ke depan apa yang menjadi harapan bersama bisa terwujud. UDA adalah salah satu Universitas yang cukup disegani di Sumatera Utara, dengan reputasinya yang sangat baik di bidang pendidikan tentu kita berharap bisa mengambil manfaat untuk kepentingan masyarakat, khususnya hari ini adalah pelaku UMKM," katanya.

Kegiatan PKM yang dirangkai dengan MoU itu sendiri diisi dengan pembekalan bertema "Pemilihan Bisnis Bagi Para Pengusaha Kecil di Keluragan Gung Leto, Kabanjahe" oleh Drs Runggu Besmandala Napitupulu, MSi. Kemudian sosialisasi dan penyuluhan "Pengembangan Kewirausahaan Secara Digital di Era Pandemi" oleh Pandapotan N Siregar, SE, MM dan pelatihan "Pembukuan Sederhana bagi Pedagang Pasar di Kelurahan Gung Lelo, Kabanjahe" oleh Hotriado Harianja, SE, MM, MSi. dan pembawa acara Veramika br Sembiring, SE,MM










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)