Pengumuman

Selamat, Tiga Ormawa UDA lolos hibah PHP2D 2021

Selamat, Tiga Ormawa UDA lolos hibah PHP2D 2021

Admin UDA | Senin, 09 Agustus 2021 - 10:16:04 WIB | dibaca: 2675 pembaca

Tiga organisasi mahasiswa (Ormawa) Universitas Darma Agung berhasil mendapatkan hibah Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) tahun 2021. Ormawa pertama adalah BEM Fisipol dengan judul “Pengembangan Desa Wisata Melalui Promosi Pariwisata Berbasis Fanspage Ads Menuju Go Internasional Di Desa Botohili Sorake Kecamatan Luahagundre Maniamolo Kabupaten Nias Selatan. Ormawa kedua, berjudul “Kampung Karakter Dan Kreatif Desa Banuasibohou Ii” (BEM FKIP). Sedangkan  Ormawa ketiga berjudul “Pemberdayaan Potensi Lembaga Masyarakat Desa Dan Industri Kecil Di Desa Puncak Lolomatua Kecamatan Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan” yang akan dilaksanakan HIMAPEM FISIP (Himpunan Mahasiswa Pemerintahan Fisipol) sebagai salah satu ormawa dari program studi yang lolos.

Ibu Ketua Umum Yayasan Perguruan Darma Agung, Ny. Sariaty PR.Siregar br. Pardede ketika mengetahui prestasi ini, memberikan apresiasi yang tingg dan mengharapkan agar Fungsionaris Universitas Darma Agung mendukung dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan seperti ini karena kegiatan ini dapat mendorong Ormawa-Ormawa yang ada di Universitas Darma Agung untuk meningkatkan kegiatan mahasiswa yang positif dengan berperan aktif di masyarakat desa dan ini dapat membawa nama baik Universitas. Ia juga menekankan agar prestasi ini dapat dilanjutkan di tahun-tahun yang akan datang dengan kegiatan-kegiatan sejenis.

Rektor Universitas Darma Agung, Dr. Jaminuddin Marbun, SH, M.Hum menyatakan kegembiraannya atas prestasi ini. “Saya sangat senang dan berharap mahasiswa dapat berkarya dan meningkatkan prestasi melalui kegiatan PHP2D ini. Kami akan terus mendukung dan memberi fasilitas”. Jelasnya. Sedangkan Ketua Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum (BKBH), Bapak Dr. Gomgom TP. Siregar, S.Sos, SH, MH, MM selaku salah satu dosen pengajar di Fisipol, Fak.Hukum dan Pascasarjana UDA, juga sangat mengapresiasi kegiatan PHP2D sebagai pengembangan bagi mahasiswa untuk menumbuhkan karakter positif, mandiri dan peduli terhadap masyarakat desa yang ke depannya mereka akan terlatih untuk bekerja secara mandiri di instansi dan masyarakat. Pengembangan kegiatan mahasiswa di desa ini juga sebagai program Kemendikbud dalam pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, yang dapat mengembangkan potensi desa yang dijumpai. Beliau juga mengharapkan Ormawa mampu membawa nama baik Universitas Darma Agung di tengah masyarakat yang dijumpai.

Ir. Lilis S. Gultom, MM, MMA selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Darma Agung, sangat mengapresiasi prestasi yang telah dicapai Ormawa UDA. Ia menjelaskan bahwa pandemic Covid-19, tidak mengurangi antusias mahasiswa untuk berkarya bagi masyarakat. Universitas tetap mendorong dan memotivasi mahasiswa agar mampu bersaing dan meningkatkan kemampuan dalam setiap kegiatan baik lokal maupun nasional. Pihak Yayasan juga senantiasa mensupport dan memfasilitasi mahasiswa yang mau aktif berprestasi. “Kami sangat berterima kasih kepada Kemendikbud yang memberikan banyak peluang berbagai kegiatan kemahasiswaan termasuk PHP2D yang telah dilakukan selama 2 tahun ini. Suatu kebanggan bagi kami karena tahun ini, UDA lolos tiga Ormawa. Semoga BEM Fisipol, BEM FKIP dan HIMAPEM Fisipol dapat menjalankan amanah dengan tanggung jawab sampai akhir sehingga dapat jadi contoh bagi ormawa lainnya dan meneruskannya di tahun yang akan datang” jelas Ibu Lilis.

Sitearo Ndruru sebagai ketua Tim HIMAPEM Fisip sangat bersyukur karena bersama tim diberikan kesempatan mengikuti Hibah PHP2D dari Kemendikbud. Karena dari 10 proposal UDA, tim mereka menjadi satu dari tiga tim yang lolos.  Demikian juga pendapat ketua Tim BEM FKIP, Sarmaida Sipahutar.  “Kami bersyukur bisa lolos dan barharap agar dapat memberikan manfaat yang berarti bagi masyarakat terkhusus desa Puncak lolomatua” kata Sitearo secara antusias. Sedangkan dosen pendamping dari HIMAPEM FISIP, Besti Rohana Simbolon,S.Sos, M.Si juga memberikan apresiasi kepada tim-tim yang lolos. “Saya sangat senang karena ormawa UDA dapat lolos 3 proposal dan bangga atas kerja keras tim karena akan mengabdi ke desa2 yang ada di Nias Selatan dan Nias Utara. Semoga pandemic ini secepatnya menurun agar kegiatan ini segera terlaksana” jelasnya. Dosen pembimbing BEM FKIP, Ika Simangunsong, M.Pd juga menambahkan bahwa mereka sagat berterima kasih kepada Civitas Akademik UDA yang mendukung BEM FKIP sebagai peserta yang lolos pada PHP2D tahun 2021.

Hal senada disampaikan Ketua Tim BEM Fisipol, Ramolo Berutu dalam hal kelulusan timnya. “Kami berterima kasih dipercayakan melakukan kegiatan PHP2D. Semoga kami dapat mengerjakan tugas kami dengan benar”, kataya. Pernyataan ini didukung dosen pendampingnya, Rita Vinolia Aruan, M.I.Kom. “Sebagai dosen pendamping Tim, saya berterima kasih kepada panitia PHP2D tahun 2021, juga kepada Direktur Belmawa serta revier yang telah memberikan kesempatan kepada kami. Semoga Tim dapat membantu mengatasi permasalahan di desa secara khusus desa Botohili,” paparnya.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)