AKADEMIK

Pangkostrad: Karakter Building Tolok Ukur Penting Bagi Mahasiswa

UDA Gelar Kuliah Umum

Admin UDA | Kamis, 25 Mei 2017 - 15:37:32 WIB | dibaca: 221 pembaca

Universitas Darma Agung sukses menggelar kuliah umum yang dibawakan oleh Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi. Kuliah umum yang mengangkat tema motivasi anak bangsa ini di ikuti lebih dari 1500 mahasiswa Universitas Darma Agung yang dilaksanakan di Hermina Hall, Selasa (03/05)

Ketua Umum YPDA/ISTP Ny.  Sariaty PR Siregar Br Pardede yang diwakili Penasehat Hukum Yayasan Syawal Amry Siregar, SH, SpN, MM  mengaku bangga dan bahagia atas kehadiran Pangkostrad Letnan Jendral TNI Edy Rahmayadi dalam memberikan kuliah umum di UDA.

"Selaku putra Sumut hendaknya bapak Edy janganlah merasa bosan datang ke UDA ini untuk berbagi ilmunya, sehingga seluruh dosen dan mahasiswa mendapat tambahan ilmu dari bapak. Saya ucapkan terima kasih banyak. Kepadaa seluruh peserta kuliah umum ini, agar benar-benar mengikutinya sehingga apa yang dikuliahkan oleh beliau dapat menambah pengetahuan dan wawasannya," harapnya.

Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Edy Rahmayadi pada kuliah umum mengatakan, ketahanan nasional merupakan faktor yang penting dalam membangun negara Indonesia. Hal tersebut menjadi tolok ukur dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

"Jika ingin terwujud ketahanan nasional ini, maka masyarakat harus memiliki karakter building (motivasi), yakni salah satunya doa demi terwujudnya cita-cita dan mempunyai tekad. Kemudian memiliki positif thinking dalam melihat sesuatu, memiliki kasih sayang, rela berkorban dan tidak mudah menyerah," kata Let Jend Eddy dalam Kuliah Umum tentang motivasi anak bangsa di kampus UDA.


Dikatakannya, saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami degradasi dalam mewujudkan ketahanan nasional, akibatnya yang utama adalah urusan perut. Karena itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), lebih mengarahkan rakyat ini terlebih dahulu ke arah ketahanan pangan. Ini sebagai dasar agar tercapainya ketahanan nasional.

"Pak Presiden ingin mengobati ini terlebih dahulu dengan nawacita nya, agar terwujudkan kedaulatan pangan. Dengan meningkatkan swasembada pangan, kerja sama pemerintah, petani, stakeholder, TNI dan masyarakat. Jika perut sudah terisi maka akan lebih mudah tercipta ketahanan nasional. Ini sesungguhnyaa sebagai evaluasi pemerintah," ujarnya.

Usai acara rektor UDA Dr Jaminuddin Marbun SH MHum mengatakan, kuliah umum yang disampaikan Pangkostrad Letnan Jendral TNI Edy Rahmayadi kepada para mahasiswa UDA, persis sama seperti visi UDA, yakni agar dapat menjadi penerus bangsa yang mandiri dan berkarkater, dengan membangun karakter building.

"Ini sangat tepat sekali. UDA ingin membentuk mahasiswa UDA agar menjadi bibit unggul. Karena tanpa visi maka akan sulit bersaing dalam arti positif. Harapan kita dalam kuliah umum ini sangat tepat sekali, agar anak-anak kita dapat bertambah wawasannya," katanya.

Turut hadir, WR 1 Muhammad Anshori Lubis yang juga sebagai Ketua Panitia, WR 2 Drs Jonner Lumbangaol MSi, WR 3 Drs Parlindungan Marpaung MSi dan seluruh civitas akademika serta mahasiswa UDA










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)